Our Blog

Blog Posts

Bersyukur

02 July on Kajian   Tags: , ,

“Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku” Al-Baqarah 152.

Sedikit mensarikan pengajian bulanan di kantor. Dimulai dengan membaca Surat Ar-Rahman (#NgajiDiKantor).

Rasulullah SAW bersabda, “Bagi tiap sesuatu ada mempelainya. Mempelai Al-Qur’an, ialah surat Ar Rahman.” (HR. Baihaqi).

Fadilah surat Ar-Rahman itu antara lain: diberikan jodoh, diberikan anak, diberi klien, diberi rezeki terus deh, hehe.

Maka bersyukurlah.

Maka dari itu kajiannya tentang Bersyukur atas Nikmat Allah.

Apa Hakekat Syukur:

Syakara = Menyebarkan

Menyadari nikmat Allah itu berasal dari Allah, dgn menyatakan kegembiraan dan menunaikan segala sesuatu yang menjadi tujuan dari Dzat yang memberi kenikmatan itu.

Lalu untuk Apa Bersyukur?

Untuk mengingat nikmat Allah.

“Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku” Al-Baqarah 152.

Ketika diminta memilih antara harta, jabatan atau ilmu, Nabi Sulaiman memilih ilmu. Karena dengan ilmu dia bisa mengetahui bagaimana cara mendapatkan harta.

Secara prinsip, antara ilmu dengan harta, jika kita belanjakan harta akan habis. Jika ilmu dibagikan, maka justru akan bertambah. Tapi kalau Sedekah berbeda.

Kalau sedekah, harta dibagikan secara materi berkurang, namun berkahnya akan bertambah, sehingga rezekinya bertambah.

Syukur itu hati menyadari nikmat Allah, kemudian mengucap syukur secara lisan dan mengamalkan degan perbuatan.

Apa manfaat bersyukur? Untuk mengingat nikmat dari-Nya, agar terhindar dari siksa dan agar selalu ditambah nikmat dari-Nya.

Lalu bagaimana caranya, beribadah. Berdoa itu ibadah, kerja juga ibadah. Malah kerja itu pahalanya lebih besar krn dilakukan lebih lama dalam 1 hari.

Ibadah harta pahalanya lebih besar lagi karena manfaatnya lebih kepada orang banyak.

Yang tidak bersyukur kenapa tetap diberikan kaya?

Allah Maha Pengasih, buat yg tdk bersyukur (kufur) tetap diberikan nikmat. Tapi ingat janji Allah di dalam surat Al-An’Am 44.

Allah akan tetap berikan rezeki kepada yang fasiq dan kufur, namun akan diberi siksa secara tiba-tiba, ketika itu mereka akan terdiam putus asa.

Silahkan simak Surat An-Nisa ayat 36 urutan berbuat baik, termasuk Sedekah (sila baca juga Surat Al-Baqarah ayat 215).

“Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan apapun juga. Dan berbaktilah kepada kedua orang ibu-bapak, kaum kerabat, anak-anak yatim dan orang miskin, tetangga yang dekat dan yang jauh (1), teman sejawat (2), orang-orang yang dalam perjalanan, dan hamba sahaya yang berada di bawah kekuasaanmu. Sesungguhnya Allah tidak menyenangi orang yang sombong dalam gerak-geriknya lagi sombong ucapannya.” (Surat An-Nisa ayat 36)

Jadi ingat lagu:”Ucapkan Alhamdulillah, syukur kita kepada Allah. Shalawat kepada Nabi, Muhammad ya Rasulullah” (Senada).

Nah, siapa yang mau ikut #NgajiDiKantor bareng sama kami :)

Bimo Prasetio adalah Creative Legalpreneur pendiri SMART Legal Network dan Co Founder Qoloni.com, suatu Qolaborative platform untuk membantu proyek sosial. Dalam perjalanan karirnya, Bimo memiliki pengalaman menangani berbagai transaksi dan sengketa komersial. Bimo juga mengkampanyekan gerakan Legal4UKM dan UKM Melek Hukum yang sekarang dikelola oleh BPL Foundation agar startup dan UKM melek hukum. Bimo dapat dihubungi: info@smartlegalnetwork.com

Comments are closed.