Our Blog

Blog Posts

GREAT LAWYERS ARE WRITERS WHO LOVE TO READ

23 September on Artikel Lepas  

Ini adalah nasihat yang saya dapat ketika awal memulai karir. Kenapa? Karena hampir semua pekerjaan hukum tidak lepas dari urusan menulis dan membaca kan.

Dan ternyata, menulis adalah sebuah proses yang dimulai dari observasi, mapping issues, riset, barulah menulis. Jadi tidak begitu saja langsung menulis tanpa mengumpulkan informasi, validasi data agar tulisan bernas dan akurat.

Tentunya dalam proses tersebut, membaca sudah pasti jadi bagian di dalamnya. Tanpa input yang baik tidak akan ada output yang baik. Bahkan, membaca akan menambah pembendaharaan kata dan memperkaya tulisan dengan berbagai gaya bahasa.

Membaca juga membawa kita pada berbagai perspektif, sehingga membuka wawasan dan cara pandang kita dalam melihat suatu persoalan.

Kegagalan suatu tulisan kadang dikarenakan sudah ada kesimpulan yang ditetapkan, lalu mencari pembenarannya. Padahal proses mencari kebenaran ini lah yang akan dicapai mulai mengumpulkan data, konfirmasi hingga diproduksi menjadi tulisan.

Banyak tokoh advokat yang bahkan awal karirnya dimulai dengan menjadi wartawan. Sebutlah Mantan Jaksa Agung dan Hakim Agung, Bapak Abdul Rahman Saleh. Lalu ada juga Bang Hary Ponto. Mbak Yayuk Hoed dan seabrek nama lainnya.

Saya pun bersyukur mendapatkan kesempatan untuk menempa diri berproses ketika menjadi jurnalis, sebelum melabuhkan karir menjadi lawyer.

Kini, saya justru mengembangkan SmartLegal sebagai media online agar dapat menjangkau stakeholders dunia bisnis lebih luas.

Nah, untuk teman-teman yang aedang kuliah, baru lulus atau mulai menapaki karir sebagai lawyer, penting bagi kalian untuk terus menumbuhkan minat baca dan menulis. Karena kelak, skill ini akan dibutuhkan saat kalian berprofesi di bidang hukum.

Bimo Prasetio
Founder Smartlegal.id
Akses Hukum Jadi Mudah

#Smartlegal #BPLawyers #LawyersLife #Legal #Bisnis #Media #Menulis #Membaca #Hukum #Profesi #Karir #Lawyers #Pengacara #Advokat #Jurnalis #AksesHukumJadiMudah

Bimo Prasetio adalah seorang corporate lawyer dan entrepreneur, founder Smartlegal.id. Dalam perjalanan karirnya, Bimo memiliki pengalaman menangani berbagai transaksi bisnis dan sengketa komersial. Bimo memiliki perhatian terhadap UMKM dan juga mengkampanyekan gerakan Legal4UKM agar startups dan UMKM melek hukum.Bimo dapat dihubungi: bimoprasetio@gmail.com

Comments are closed.