Our Blog

Blog Posts

“Tuhan, Kenapa Hukum Belum Berpihak Pada Kami?”

17 January on Artikel Lepas  

Masih ingat kisah nenek Saulina, 92 tahun yang divonis hukuman 44 hari penjara setelah terbukti menebang pohon durian milik kerabatnya.

Lalu ada juga nenek Minah, 55 tahun yang dihukum selama 1 bulan 15 hari penjara dengan masa percobaan 3 bulan. Dia dinyatakan bersalah karena memetik 3 buah kakao di perkebunan milik PT Rumpun Sari Antan.

Tak lupa kisah mantri di Samarinda yang dipidana akibat membantu orang, tapi dianggap salah karena bukan dokter. Dia dihukum berdasarkan UU Kesehatan.

Banyak teman-teman UMKM yang terkena jerat hukum karena mereka tidak menyadari kewajiban yang harus dipenuhinya. Lalu jadi korban “oknum” penegak hukum, dimintai uang kalau ingin kasusnya selesai.

Ada juga seorang suami yang habis harta kekayaannya karena “dikerjain” partner bisnisnya. Alhasil keluarganya hidup susah.

Pernah ditemukan seorang ibu yang jadi bulan-bulanan mantan menantu dan pengacara akibat tidak tahu dokumen yang ditandatanganinya.

Kita pernah dengar juga ada pemuka agama yang diserang dengan berbagai argumen pelanggaran hukum, saat sedang berusaha membangun ekonomi ummat melalui jalan perniagaan.

Bahkan ada investor yang berbaik hati ke Indonesia membuka peluang bisnis, akhirnya habis ditipu oleh mitra lokalnya hingga belasan milyar.

Benang merah dari semua kisah diatas adalah, karena mereka tidak tahu soal hukum, mereka tidak tahu kemana harus mendapatkan informasi soal hukum dan siapa yang dapat membantu mereka.

Oleh karena itu, 2019 ini kami berkomitmen untuk bisa memberikan akses hukum kepada masyarakat luas dengan lebih mudah. Buta hukum harus diberantas.

Seharusnya hukum mudah ditemukan, mudah dipahami dan harus mudah diaksesnya. Mulai dari aspek hukum keseharian, bisnis, hal aktual hingga asoek hukum keluarga yang selalu ada di sekeliling kita.

Itulah kenapa kami sediakan artikel, infografis dan video tentang berbagai topik soal hukum yang dekat dengan isu terkini dan banyak dicari.

Malu bertanya sesat di hukum.
Lalu kemana jika ingin bertanya?

Email aja ke mbsh@smartlegal.id

Atau join channel telegram nya untuk dapat update setiap harinya.

t.me/smartlegalid

Bimo Prasetio
Founder Smartlegal.id
Akses Hukum Jadi Mudah

Bimo Prasetio adalah seorang lawyer dan entrepreneur. Dalam perjalanan karirnya, Bimo memiliki pengalaman menangani berbagai transaksi bisnis dan sengketa komersial. Bimo juga mengkampanyekan gerakan Legal4UKM dan UKM agar startup dan UMKM melek hukum. Bimo dapat dihubungi: bimoprasetio@gmail.com

Comments are closed.