Our Blog

Blog Posts

Kenapa Bisnis Harus Dibangun Dengan Values?

25 April on Artikel Lepas  

Saat ditanya soal bagaimana membangun tim bisnis yang membahagiakan, saya selalu ingat pelajaran berharga dari Coach Getty. Value, People, Process.

Sebelum beranjak ke hal lain, soal values ini harus beres dulu. Values apa yang akan kita kembangkan untuk menumbuhkan bisnis kita dan menjawab values customers?

WhatsApp Image 2018-04-24 at 7.28.35 PM

Banyak yang merasa bisnis tidak tumbuh, karyawan bolak balik resign, under performance, lalu mulai saling menyalahkan dan langsung ke What dan HOW nya. Urusan teknis yang jadi kambing hitam.

Padahal persoalan timbul karena belum ada nilai inti atau values yang dibangun. Dan value ini harus diterapkan oleh leader nya dulu sebelum diterapkan ke tim nya. Karena jika tidak, tim kita merasa leader nya abuse, semena-mena dan tidak punya komitmen.

WhatsApp Image 2018-04-24 at 7.28.34 PM

Kalau meyakini bahwa nilai berbagi itu penting, maka sang leader harus memulainya dulu. Jika ingin agar responsif dalam melayani pelanggan, maka sang leader harus responsif terhadap tim nya.

Selanjutnya, dengan values yang menjadi budaya di perusahaan, karakter manusia juga perlu diperhatikan, challenge agar bisa menjadi pribadi lebih baik. Alihkan negative attitude menjadi positive attitude. Sehingga, tim kita akan tumbuh dengan karakter solutif. Jika semua tim kita sudah memiliki ownership dalam bisnis, Insya Allah semua stakeholders akan tumbuh bersama.

Kini, soal rekrutmen menjadi perhatian. Jika tidak selaras values nya, nantinya akan timbul masalah di tim. Maka dari itu perlu penyelarasan nilai, dan kita harus kejam dengan values ini. Lebih baik bersabar merekrut, ketimbang buru-buru dan dapat SDM yang karakter dan nilai diri nya tidak bisa diselaraskan. Bagaimana dengan anda?

#CatatanRingan
#Values
#Bisnis
#Team

Smart Legal Network

Bimo Prasetio adalah Creative Legalpreneur pendiri SMART Legal Network dan Co Founder Qoloni.com, suatu Qolaborative platform untuk membantu proyek sosial. Dalam perjalanan karirnya, Bimo memiliki pengalaman menangani berbagai transaksi dan sengketa komersial. Bimo juga mengkampanyekan gerakan Legal4UKM dan UKM Melek Hukum yang sekarang dikelola oleh BPL Foundation agar startup dan UKM melek hukum. Bimo dapat dihubungi: info@smartlegalnetwork.com

Comments are closed.