Our Blog

Blog Posts

KENAPA ORANG HUKUM HARUS PANDAI MENULIS ?

24 July on Artikel Lepas  

Setelah menjalani berbagai profesi hukum, ternyata ada 1 benang merahnya. Semua profesi hukum kental sekali bahkan tak lepas dari urusan MENULIS.

Lawyer menulis legal opinion untuk klien, pengacara litigasi menulis somasi, gugatan, surat dan lainnya. Hakim menulis putusan. Jaksa mempersiapkan tuntutan. Biro hukum pemerintah melakukan legal drafting peraturan, memo dan banyak lainnya….

Dan skill menulis tak hanya begitu saja bisa dilatih. Tapi melalui proses observasi, membaca, riset barulah menulis. Melakukan dan terlibat dalam proses nya ini yang menyenangkan.

Apalagi di era digital, konten is king. Artikel anda harus menarik, mudah ditemukan dan harus mencerahkan. Tak akan bisa tercapai jika tidak didukung kemampuan menulis yang handal.

photo_2018-07-24_09-57-51

Saya beruntung sekali bisa mengawali karir sebagai wartawan di media online. Saya bertemu banyak orang-orang “besar”, bertemu berbagai advokat ternama, anggota dewan, kepala PPATK, KPPU karena kemudahan dan kemewahan akses seorang jurnalis.

Ada juga sahabat saya jadi jurnalis TV yang sekarang jadi corporate lawyer keren bekerja di salah satu law firm terbesar di Indonesia, sebutlah namanya Harimurti A. Nugroho.

Apalagi sahabat dan guru saya yang sekarang jadi kepala kantor KPPU Makasar. Tidak usah disebutkan namanya Aru Armando.

Inilah WHY nya orang hukum perlu pandai menulis. Jadi, mohon berkenan meneruskan berita baik ini. Menjadi Legal Writer bisa jadi awal indah dalam perjalanan hidup seorang punggawa hukum di Indonesia.

Bimo Prasetio
Founder Smart Legal Network

Bimo Prasetio adalah Creative Legalpreneur pendiri SMART Legal Network dan Co Founder Qoloni.com, suatu Qolaborative platform untuk membantu proyek sosial. Dalam perjalanan karirnya, Bimo memiliki pengalaman menangani berbagai transaksi dan sengketa komersial. Bimo juga mengkampanyekan gerakan Legal4UKM dan UKM Melek Hukum yang sekarang dikelola oleh BPL Foundation agar startup dan UKM melek hukum. Bimo dapat dihubungi: info@smartlegalnetwork.com

Comments are closed.