Our Blog

Blog Posts

Khusyuknya Shalat

02 July on Kajian   Tags: , ,

Mengutip dari BB group Taushiah tentang khusyuk dalam shalat. Semoga bermanfaat.

Salam,

Bahwa Rasulullah saw. masuk mesjid. Lalu seorang lelaki masuk dan melakukan shalat. Setelah selesai ia datang dan memberi salam kepada Rasulullah SAW.

Beliau menjawab salamnya lalu bersabda: Ulangilah shalatmu, karena sesungguhnya engkau belum shalat.

Lelaki itu kembali shalat seperti shalat sebelumnya. Setelah shalatnya yg kedua ia mendatangi Nabi Muhammad SAW dan memberi salam. Rasulullah SAW. menjawab: Wa’alaikas salam.

Kemudian beliau bersabda lagi: Ulangilah shalatmu, karena sesungguhnya engkau belum shalat. Sehingga orang itu mengulangi shalatnya sebanyak tiga kali.

Lelaki itu berkata: “Demi Dzat yang mengutus Anda dengan membawa kebenaran, saya tidak dapat mengerjakan yg lebih baik daripada ini semua. Ajarilah saya.

Rasulullah SAW bersabda:
“Bila engkau melakukan shalat, bertakbirlah. Bacalah bacaan dari Alquran yg engkau hafal. Setelah itu rukuk hingga engkau tenang dalam rukukmu.

Bangunlah hingga berdiri tegak. Lalu bersujudlah hingga engkau tenang dalam sujudmu.

Bangunlah hingga engkau tenang dalam dudukmu. Kerjakanlah semua itu dalam seluruh shalatmu”.

SubhanAllah, sahabatku inilah dalil bolehnya mengulangi sholat sampai merasakan Kekhusyu’an, sungguh sholat yg yaqin ditatap ALLAH & sadar berhadapan dg ALLAH (QS 26:218-220) sehingga setiap bacaan menjadi DOA & DIALOG padaNYA membuat sholat THUMA’NINAH & KHUSYU’, tenang, damai, sejuk, nyaman, ni’mat, indah dan buahnya adalah AKHLAK MULIA (QS 29:45).

Bimo Prasetio

Bimo Prasetio adalah Creative Legalpreneur pendiri SMART Legal Network dan Co Founder Qoloni.com, suatu Qolaborative platform untuk membantu proyek sosial. Dalam perjalanan karirnya, Bimo memiliki pengalaman menangani berbagai transaksi dan sengketa komersial. Bimo juga mengkampanyekan gerakan Legal4UKM dan UKM Melek Hukum yang sekarang dikelola oleh BPL Foundation agar startup dan UKM melek hukum. Bimo dapat dihubungi: info@smartlegalnetwork.com

Comments are closed.