Our Blog

Blog Posts

Memilih Fokus

05 March on Artikel Lepas  

Pelajaran berharga yang harganya cukup lumayan saya dapatkan tahun 2012 hingga 2013. Setelah terjun ke dunia bisnis, saya mencoba ke berbagai bisnis, mulai dari kuliner, jualan logam mulia, peternakan yang semua modalnya didapatkan cash dari jasa hukum yang saya rintis.

Sebagai lawyer, bank bukanlah pilihan karena profesi lawyer tidak mendapat lampu hijau untuk permodalan usaha.

Nah, ketika menjalankan bisnis secara serabutan sambil terus belajar, akhirnya setelah 2 tahun mencoba, saya harus sadar diri, tidak bisa semuanya dijalankan sendiri. Mulai dari pengembangan bisnis, riset, inventory, pengembangan SDM dst.

Karena semua berjalan slow (dan beberapa malah rugi) hubungan silaturahmi terganggu, waktu yang terbatas, akhirnya saya memutuskan untuk melepas semua bisnis yang bukan core competence saya. Dan memilih fokus pada bidang jasa hukum.


Walau sempat beredar rumor diluar bahwa saya sudah full bisnis dan tidak lagi menjadi lawyer, saya masih menjalankan profesi tersebut. Bahkan justru jadi pelajaran berharga ketika belajar bisnis, banyak yang datang konsultasi soal aspek hukum di dalam bisnisnya.

Saya yang semula banyak bergelut di dunia litigasi, urusannya ke pengadilan dan kantor polisi, lalu memperdalam soal corporate law. Belajar memahami bagaimana aspek legal diterapkan dalam skema bisnis, transaksi serta bagaimana mengamankan suatu bisnis hingga meleverage nya.

Dan pilihan ini membawa pada suatu awal yang luar biasa. Saya memilih fokus pada keahlian saya, bahkan ketika diajak berbisnis oleh kolega yang ada. Saya berpartner dan melengkapi bisnis teman-teman dengan keahlian soal aspek legal.

Bagi saya, fokus itu penting. Ada yang bisa multi tasking dan fokus di berbagai hal, ada yang fokus di satu bidang. Apapun itu Follow One Course Until Success (FOCUS).

Salam sukses untuk semuanya. Pilihan ada di tangan kalian 😊

Bimo Prasetio
Founder SmartLegal.id

Bimo Prasetio adalah seorang lawyer dan entrepreneur. Dalam perjalanan karirnya, Bimo memiliki pengalaman menangani berbagai transaksi bisnis dan sengketa komersial. Bimo juga mengkampanyekan gerakan Legal4UKM dan UKM agar startup dan UMKM melek hukum. Bimo dapat dihubungi: bimoprasetio@gmail.com

Comments are closed.