Our Blog

Blog Posts

Memprediksi Klien Anda Berikutnya

22 October on Artikel Lepas   Tags: ,

klien
Pertanyaan ini sudah lama ditanyakan oleh para pengacara:
Bagaimana dan dimana saya akan menemukan klien saya?

Tekanan untuk menemukan sumber penghasilan Anda berikutnya bisa menjadi intens, yang dapat menghasilkan ketakutan mendasar, strategi marketing yang random dan meluas – saya akan ke asosiasi pengacara, ke kamar dagang, membuat koneksi dengan beberapa orang dari LinkedIn – dan berharap hasil yang terbaik. Masalahnya adalah marketing secara random seperti itu hanya akan membuang waktu dan tenaga Anda.

Jadi apa yang dapat Anda lakukan untuk menjadi lebih fokus? Bagaimana caranya untuk mengetahui pasar mana yang membutuhkan jasa Anda dan mendapatkan klien?

Jika Anda ingin mengetahui dimana harus memfokuskan pasar Anda, langkah pertama adalah melihat kerja Anda di masa lalu. Dengan kata lain, apa yang selama ini sudah berhasil? Jawabannya mungkin sudah dekat.

Pertama, catat semua daftar klien ada yang sudah lampau dan yang sedang ditangani dan dokumentasi dari mana mereka datang.

Membuat kategori seperti :

Referensi dari klien sebelumnya
Referensi dari pengacara lain
Referensi dari jaringan “natural” (keluarga dan teman)
Kemampuan berbicara
Aktif menjadi relawan di organisasi (seperti industri atau sosial)
Jaringan dari tempat ibadah
Website atau blog Anda
Pemasaran
Buku atau artikel Anda
Lebih baik apabila dikategorikan lebih rinci lagi. Jika klien datang ke Anda karena mendengar Anda berbicara, dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbicara adalah cara cocok untuk Anda. Apakah anda mengajar Pendidikan Hukum Berkelanjutan yang membuat pengacara lain membutuhkan bantuan Anda untuk menangani klien mereka? Atau apakah Anda sangat berhasil saat berbicara dengan sekelompok pengusaha kecil yang membutuhkan jasa yang Anda tawarkan?

Mengetahui bagaimana dan dimana klien dan prospek Anda akan membantu menentukan bagaimana dan dimana Anda harus memfokuskan tenaga Anda.

Pengungkapan yang lebih tepat untuk membedakan adalah antara bagaimana banyak klien yang datang dari sumber tertentu dengan berapa banyak pemasukan dari klien yang didapat. Mungkin saja Anda mendapatkan banyak klien dengan perkara sederhana dari satu sumber dan beberapa klien dari sumber lainnya. Mungkin Anda akan mengindentifikasikan sumber terbaik terbaik untuk pekerjaan yang paling Anda sukai. Semua tergantung kepada bagaimana Anda memutuskan berapa banyak nilai dari masing-masing perkara terhadap Anda dan dimana Anda ingin menginvestasikan waktu dan tenaga Anda.

Sekarang, identifikasi 3 sumber terbaik untuk bisnis Anda dan cari tahu bagaimana untuk membangun hubungan dan mengembangkan kehadiran Anda di kategori tersebut.

Membuat sistem baru

Tanyakan setiap klien dan prospek yang menghubungi kantor Anda, darimana mereka mendengar tentang Anda dan latih pegawai Anda untuk melakukan hal yang sama.
Ciptakan metode untuk mencatat sumber bisnis Anda
Pilih dua atau tiga sumber yang ingin Anda berikan pengaruh dan mengembangkan konsentrasi bisnis Anda pada pengembangan bisnis dari sumber tersebut
Menganalisa setiap enam bulan sekali, dari mana bisnis Anda datang untuk membantu Anda tetap di bisnis tersebut atau melepaskan pengambangan bisnis yang Anda lakukan karena tidak menghasilkan.
Melihat kembali kepada kesuksesan masa lalu tidak berarti menghentikan Anda untuk mencoba sesuatu yang baru. Tetapi mengkalkulasikan pendekatan Anda untuk memberikan pengaruh kepada sumber yang ada akan membantu Anda menciptakan pondasi yang solid dimana Anda akan merasa lebih nyaman dan percaya diri saat berpetualang di luar wilayah Anda.

Sumber: Diterjemahkan dari http://thelawyersedge.com/predict-next-client-will-come

Bimo Prasetio adalah Creative Legalpreneur pendiri SMART Legal Network dan Co Founder Qoloni.com, suatu Qolaborative platform untuk membantu proyek sosial. Dalam perjalanan karirnya, Bimo memiliki pengalaman menangani berbagai transaksi dan sengketa komersial. Bimo juga mengkampanyekan gerakan Legal4UKM dan UKM Melek Hukum yang sekarang dikelola oleh BPL Foundation agar startup dan UKM melek hukum. Bimo dapat dihubungi: info@smartlegalnetwork.com

Comments are closed.