Our Blog

Blog Posts

Menciptakan Solusi Hukum yang Memiliki Value Bagi Klien

08 February on Artikel Lepas  

“Brand adalah apa yang orang bicarakan tentang anda, bukan yang anda bicarakan kepada orang-orang”

– Subiakto, pakar branding.

BP - Artikel - Gambar - BP dan Bu MariaMarilah kita menciptakan pengalaman yang sangat berkesan bagi klien kita. Bantulah agar hidup mereka menjadi lebih mudah setelah menggunakan jasa hukum kita. Kita ingin menciptakan suatu kisah dan pengalaman luar biasa untuk klien kita.

“Berikan solusi bukan sekedar bekerja”

Itulah kenapa menjadi sangat penting bagi kita untuk bertanya value (nilai diri/perusahaan) apa yang diharapkan oleh klien kepada kita.

Beberapa klien berkata, “Saya ingin anda mewakili saya, menjelaskan persoalannya dan selesaikan kasus saya.”

Klien lain bilang, “Saya ingin anda mengkaji kontrak saya sehingga tidak ada lagi lubang kelemahan yang akan menimbulkan kerugian yang besar.”

Namun sebenarnya bukan itu value yang mereka harapkan. Gali lebih dalam lagi.

BP - Artikel - Gambar - BP dan Bu Pak (2)Sebenarnya banyak klien berharap agar hilang kekhawatirannya dalam berbisnis, merasa aman dan percaya diri setelah menunjuk kita sebagai konsultan mereka.

Klien sangat bahagia mendapatkan lawyer yang jujur. Mereka akan memberikan kepercayaan penuh kepada lawyer mereka.

Oleh karena itu, kita harus memahami value mereka. Yakinkan bahwa mereka berinvestasi pada lawyer yang tepat.

Bangun hubungan yang baik untuk menciptakan kepercayaan dan amanah. Gandeng klien sebagai mitra seumur hidup yang ingin kita jaga dan tidak merasa disakiti orang lain. Lindungi bisnis mereka dari kemungkinan kerugian dalam bisnisnya.

Kepatuhan iya, tapi bukan menambah pusing Klien

Kepatuhan hukum merupakan keharusan. Banyak cara untuk menyampaikannya kepada klien. Sampaikan kisah sukses, tunjukkan manfaatnya, jelaskan bukan hanya mereka yang menghadapi tantangan serupa. Berikan pemahaman bahwa kepatuhan adalah pondasi bisnis agar terus tumbuh dan terhindar dari masalah hukum.

BP - Artikel - Gambar - karangan bungan Silvrr

Saat kita berhasil menyampaikan value kepada mereka, tanpa kita mereka merasakan ada yang hilang. Saat itu, mereka sudah memahami soal value bahkan menjadi brand advocate bagi kita. Banyak klien yang sekarang datang karena mendapat inspirasi dari klien kita sebelumnya.

Delivering Legal Solution With Value

Bimo Prasetio

Founder smartlegalnetwork.com

 

Bimo Prasetio adalah Creative Legalpreneur pendiri SMART Legal Network dan Co Founder Qoloni.com, suatu Qolaborative platform untuk membantu proyek sosial. Dalam perjalanan karirnya, Bimo memiliki pengalaman menangani berbagai transaksi dan sengketa komersial. Bimo juga mengkampanyekan gerakan Legal4UKM dan UKM Melek Hukum yang sekarang dikelola oleh BPL Foundation agar startup dan UKM melek hukum. Bimo dapat dihubungi: info@smartlegalnetwork.com

Comments are closed.