Our Blog

Blog Posts

Menerapkan Nilai Dalam Menyusun Strategi Hukum

10 September on Artikel Lepas  

Kemarin sore kami mencoba resto baru di dekat kantor sambil membahas perkara litigasi yang sedang kami tangani.

Membahas pekerjaan dalam forum informal dan santai tetap produktif. Justru meja makan ini membuat suasana cair, tanpa sekat dan egaliter. Ingat, tidak jalan logika tanpa logistik (baca: gak bisa mikir kalo belum makan) 😅

Yang menarik dalam diskusi kemarin adalah bagaimana para lawyers memperhatikan nilai (value) dalam menyusun strategi hukum dalam perkara yang dihadapi. Bahasa mereka, mana yang lebih kecil mudhorot nya.

photo_2018-09-10_09-09-50

Jangan sampai untuk mencari kemenangan, lantas kami mengorbankan integritas. Dengan analisis SWOT, kami melihat apa yang akan dilakukan oleh lawan dan apa yang dapat kami tempuh.

Dalam perkara perdata, siapa yang mendalilkan maka harus membuktikannya. Oleh karenanya, kami fokus pada kekuatan yang ada dan membangun pondasi mengenai motif yang dibangun oleh lawan. Apa yang menjadi WHY mereka dalam mengajukan gugatan. Apa yang memotivasi mereka untuk memenangkan perkara. Setelah itu barulah membangun argumen positif untuk memberikan persepsi kepada majelis hakim bahwa klien kami memiliki posisi hukum yang benar.

Saat merasa bahwa lawan memiliki posisi lebih kuat, maka kita harus memahami juga bahwa tidak semua opininya memiliki dasar hukum yang kuat serta bukti yang mendukungnya. Apakah tuntutan mereka (petitum) didasarkan pada fakta dan argumen dalam posita yang relevan. Jika tidak, maka mereka sedang membangun kasus dengan pondasi yang lemah. Percayalah lawan juga punya kelemahan, hanya kita perlu memahaminya lebih baik.

Plan Do Check Action. Pemetaan masalah dan kekuatan ini menjadi kunci agar bisa menentukan aksi yang akan dijalankan.

Let’s do the best and let God do the rest

“Delivering legal solution with values”

BP Lawyers Counselors at Law member of
Smart Legal Network

Bimo Prasetio adalah Creative Legalpreneur pendiri SMART Legal Network dan Co Founder Qoloni.com, suatu Qolaborative platform untuk membantu proyek sosial. Dalam perjalanan karirnya, Bimo memiliki pengalaman menangani berbagai transaksi dan sengketa komersial. Bimo juga mengkampanyekan gerakan Legal4UKM dan UKM Melek Hukum yang sekarang dikelola oleh BPL Foundation agar startup dan UKM melek hukum. Bimo dapat dihubungi: info@smartlegalnetwork.com

Comments are closed.