Our Blog

Blog Posts

PERBANYAK PELUANG DENGAN NETWORKING

19 September on Artikel Lepas  

Sejak 2011 saya memperbanyak silaturahmi dan netwotking ke berbagai komunitas, teman basket, organisasi dan lainnya.

Kenapa? Ternyata dengan berjejaring saya belajar banyak hal dari berbagai orang. Dan, berjejaring atau networking itu memperluas network kita juga. Karena jejaring dari pertemanan kita juga menjadi jaringan kita secara tidak langsung.

Misalnya, saya kenal dengan suatu komunitas bisnis yang berisi expatriat, nah dari situ, jika ada yang butuh lawyer, mereka ingat saya dan merekomendasikan kepada koleganya jika ada yang membutuhkan jasa corporate lawyer. Begitu juga sebaliknya.

Namun, tidak serta merta referal atau rekomendasi ini terjadi. Tentunya perlu ada kedekatan, engagement hingga terjadinya TRUST. Dalam bisnis, trust itu tingkatannya paling tinggi. Orang tidak mau kerjasama jika tidak ada trust. Sama halnya ketika memberikan rekomendasi, karena nama baik orang yang merekomendasikan menjadi taruhan juga.

Jika salah merekomendasikan, maka trust orang kepada kita bisa luntur, malah integritas juga bisa diragukan di kemudian hari. Iya, nama baik dan kredibilitas kita sebagai orang yang memberikan rekomendasi jadi terganggu.

Nah kembali soal networking. Salah satu parameter sukses bernetworking adalah orang ingat kepada anda dan memberikan kesan baik juga.

Lantas, bagaimana caranya? Agar orang ingat dan terkesan dengan kita, maka kita harus mau berperan dan berkontribusi dalam jaringan tersebut. Jangan hanya mengambil manfaatnya saja.

Berkontribusi tidak melulu soal uang, namun juga perhatian, tenaga dan peran aktif kita di dalam jaringan atau komunitas tersebut. Sikap positif kita inilah yang akan menjadi bahan penilaian orang lain. Ketulusan dan keaktifan kita menjadi nilai positifnya.

Oleh karena itu, dalam pertemanan, organisasi, komunitas berikanlah perhatian dan kontribusi. Tentu kita tidak bisa berada di semua tempat. Maka kita harus bisa bijak memilih bergabung dimana dan akan aktif (bahkan jadi pengurus) dimana dan di berapa organisasi.

Sesuaikan dengan goal anda. Bisa jadi karena hobi, pekerjaan atau aktifitas sosial yang akan menentukan pertimbangan kita. Bagaimana dengan anda?

Bimo Prasetio
Founder Smartlegal.id
Partner BP Lawyers

Akses Hukum Jadi Mudah

Bimo Prasetio adalah seorang corporate lawyer dan entrepreneur, founder Smartlegal.id. Dalam perjalanan karirnya, Bimo memiliki pengalaman menangani berbagai transaksi bisnis dan sengketa komersial. Bimo memiliki perhatian terhadap UMKM dan juga mengkampanyekan gerakan Legal4UKM agar startups dan UMKM melek hukum.Bimo dapat dihubungi: bimoprasetio@gmail.com

Comments are closed.