Our Blog

Blog Posts

SAFARI RAMADHAN OJK & JPMI DKI JAYA

09 September on Berita   Tags:

Jakarta, 13 Juli 2015 – “Masih terdapat banyak hambatan bagi masyarakat Indonesia untuk mengakses sektor jasa keuangan. Bukan hanya karena ketersediaan lembaga jasa keuangan, tetapi juga karena masih adanya keengganan masyarakat untuk mengetahui lebih dalam cara memanfaatkan produk dan jasa keuangan”, inilah yang disampaikan Lasmaida S. Gultom, Direktur Literasi dan Edukasi Keuangan OJK, saat membuka kegiatan Safari Ramadhan di Masjid Jami Bintaro pada hari Senin, 13 Juli 2015.

Kegiatan Safari Ramadhan yang mengangkat tema “Merencanakan dan Menelola Keuangan” ini terselenggara berkat kerja sama antara Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Jaringan Pengusaha Muslim Indonesia (JPMI) DKI JAYA. Sebelumnya acara serupa juga telah dilaksanakan OJK di SMK Mahardika – Bogor (26 Juni 2015), Asrama Haji Bekasi (30 Juni 2015) dan Kantor Pusat Pegadaian (6 Juli 2015.

Rangkaian kegiatan ini merupakan implementasi cetak biru Strategi Nasional Liteasi Keuangan Indonesia (SNLKI) tahun 2015, khususnya Pilar Satu mengenai Edukasi dan Kampanye Literasi Keuangan. Setelah mengikuti kegiatan ini, masyarakat diharapkan menjadi “well literate” sehingga dapat lebih bijak dalam mengelola penghasilan.

Kegiatan Safari Ramadhan dibuka dengan sambutan dari Lasmaida S. Gultom yang menjabat sebagai Direktur Literasi dan Edukasi Keuangan OJK. Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Bimo Prasetio selaku Ketua Umum JPMI DKI JAYA. Dalam uraian singkatnya, Bimo menyambut baik kerja sama antara OJK dan JPMI dalam memberikan edukasi kepada masyarakat muslim Indonesia.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat dalam membantu masyarakat muslim mengenal berbagai produk dan layanan jasa keuangan, apalagi jika mengingat pertumbuhan “middle class muslim” yang kian hari kian bertambah pesat” ujar Bimo kemudian.

Memasuki acara inti, peserta diajak untuk mengenal berbagai produk dan layanan jasa keuangan yang dipandu oleh tim dari OJK. Selanjutnya, bersama financial planner, peserta dihimbau dan dilatih untuk mengelola pendapatan dan pengeluaran rutin mereka secara lebih bijak.

Safari Ramadhan berlangsung selama 3 tiga jam dan dihadiri oleh berbagai kalangan seperti pengusaha, UM/UKM, ibu rumah tangga, komunitas blogger, mahasiswa, dan pelajar. Kegiatan yang diikuti kurang lebih 200 orang ini ditutup dengan tausyiah menjelang Maghrib dan buka bersama.

Sumber: http://www.jpmi-jakarta.org/idx.php?p=12&m=13003&par[kodeBerita]=15012&par[mode]=det

Bimo Prasetio adalah Creative Legalpreneur pendiri SMART Legal Network dan Co Founder Qoloni.com, suatu Qolaborative platform untuk membantu proyek sosial. Dalam perjalanan karirnya, Bimo memiliki pengalaman menangani berbagai transaksi dan sengketa komersial. Bimo juga mengkampanyekan gerakan Legal4UKM dan UKM Melek Hukum yang sekarang dikelola oleh BPL Foundation agar startup dan UKM melek hukum. Bimo dapat dihubungi: info@smartlegalnetwork.com

Comments are closed.