Our Blog

Blog Posts

Seorang Pemimpin

01 July on Artikel Lepas   Tags: , , , ,

Sedang hangat topik tentang kisruh kepemimpinan di Indonesia saat ini akibat kebijakan yang dibuatnya. Mulai dari kepala negara, PSSI, partai dan lain-lain. Jadi menarik mengulas tentang pemimpin, tapi bukan menggunjing ya :)

Sekarang saya akan sharing diskusi tentang Pemimpin yang barusan berlangsung di mesjid gedung kantor saya. Pemimpin harus dipatuhi sekalipun pemimpin kita dzalim. Sepanjang perintahnya itu tidak mungkar. “Rasulullah bersabda: mendengar dan mentaati diwajibkan seorang muslim dalam apa yang ia sukai dan yang ia benci, sepanjang ia tidak disuruh bermaksiat. Jika disuruh bermaksiat, ia tidak wajib dengar dan taat.”

Umat Islam diminta untuk tidak membelot atau mengumumkan pembangkangan terhadap pemimpin, karena Pembelotan itu dapat memecah tongkat ketaatan pada kepemimpinan kaum muslim. “Barangsiapa menghina pemimpin (muslim), maka Allah menghinanya.” (HR At-Tarmidzi). Rasul juga bersabda, “Agama adalah nasihat.” Untuk siapa? “Untuk Allah, kitab-kitab-Nya, Rasul-Nya, para pemimpin kamum muslimin dan kaum muslimin secara umum.”

Tidak ada pemimpin yang benar-benar terlepas dari kesalahan. Tidak ada yang sempurna. Kita tidak bisa berharap mendapat pemimpin pada zaman Khilafah. Belum tentu berhasil. Karena persoalannya berbeda. Oleh karena itu, menjadi penting pemimpin kita untuk berbekal ilmu Tauhid. Jadi minimal berada di jalan Allah dan mendirikan shalat.

Ketika kita berharap agar kita meminta keadilan, maka mulailah keadilan itu dari diri kita sendiri. Kita ingin pemimpin kita yang soleh. Jadilah orang yang soleh krn kelak kita adl pemimpin, minimal dlm rumah tangga, lingkungan. Tidak mudah jadi pemimpin. Memegang amanah bagi banyak orang. Menjaga wibawa dari yang dipimpinnya.

Penonton selalu merasa lebih baik dari yang ditonton. Lihat aja komentator dan penonton sepak bola, hehe. Jangan ngotot jadi pemimpin, ketika ngotot minta jadi pemimpin, nanti Allah akan berikan semua beban kepadanya ketika dia menjadi pemimpin.

Untuk mengganti pemimpin bukan dgn men-dzalimi. Itu sama halnya degan menyapu kotoran degan sapu kotor. Dengan suatu suksesi atau kudeta, apakah kemudian bisa mendapat pemimpin yang lebih baik?

Rasul berpesan, untuk menjadi negara yang baik maka pemimpin dan rakyat saling mendoakan. Doakan agar kita mendapat pemimpin yang amanah, doakan pemimpin kita mendapat petunjuk dan hidayah dari Allah. Rakyat pun berdoa agar pemimpinnya selalu mendapat lindungan dan bantuan dari Allah.

“Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang bertakwa dan orang-orang yang berbuat kebaikan” (QS: 16:182).

Bimo Prasetio adalah Creative Legalpreneur pendiri SMART Legal Network dan Co Founder Qoloni.com, suatu Qolaborative platform untuk membantu proyek sosial. Dalam perjalanan karirnya, Bimo memiliki pengalaman menangani berbagai transaksi dan sengketa komersial. Bimo juga mengkampanyekan gerakan Legal4UKM dan UKM Melek Hukum yang sekarang dikelola oleh BPL Foundation agar startup dan UKM melek hukum. Bimo dapat dihubungi: info@smartlegalnetwork.com

Comments are closed.