Our Blog

Blog Posts

Ujian itu bernama Kesenangan

06 July on Artikel Lepas  

Adakalanya kita merasa dekat sekali dengan Pencipta Kita pada saat diberi ujian berupa kesusahan. Kadang di saat itulah kemudian melakukan ibadah sangat khusyuk sekali. Tidak hanya ibadah yang wajib, namun yang sunah pun dilengkapi….

Sehingga, kadang merasa butuh Tuhan dan dekat dengan-Nya itu saat berharap untuk bangkit dari keterpurukan. Lalu bagaimana saat sudah dikabulkan, diberikan kemudahan, kesenangan dan kebahagiaan?

Ini ternyata ujian yang lebih sulit. Saat senang, kadang jadi longgar, jadi lalai, jadi melupakan. Dan ini disadari…

Mengukurnya mudah saja. Masing-masing pribadi apakah masih melaksanakan kewajiban sebagaimana di kala susah, bagaimana kekhusyukannya, tepat waktu atau tidak, jumlah lembaran tilawahnya dan sebagainya.

Andai saja tubuh, HP, sepatu dan lainnya yang melekat di tubuh bisa mengingatkan, mungkin tidak berhenti bersuara untuk jadi reminder.

Itulah kenapa, salah satu yang perlu dilakukan adalah berkumpul dengan orang-orang baik, soleh dan selalu ingat untuk bersyukur.

Kalau sedang keluar negeri, tantangannya adalah tempat shalat yang proper tidak selalu ada. Namun bukan berarti tidak bisa. Kali ini kami akan ke Lake Mountain dan transit di Marysville untuk shalat dan makan siang. Wudhu dengan air yang sangat dingin, brrrrr….

blog BP 1

Ini belum seberapa, waktu menuju puncak Rinjani, kami berhenti di bebatuan untuk shalat Subuh. Itu lebih menantang lagi situasinya, hehe. Bersyukur saat itu bersama teman-teman yang soleh dan mengingatkan untuk ibadah bersama.

Kalau sudah seperti ini, kebahagiaan dan kesenangan wajib disyukuri dengan terus mendekatkan diri pada Yang Kuasa. Agar kita tidak salah arah, menuju kebahagiaan yang kekal dan hakiki.

Salam hormat,

Bimo Prasetio
Founder Smart Legal Network

Bimo Prasetio adalah Creative Legalpreneur pendiri SMART Legal Network dan Co Founder Qoloni.com, suatu Qolaborative platform untuk membantu proyek sosial. Dalam perjalanan karirnya, Bimo memiliki pengalaman menangani berbagai transaksi dan sengketa komersial. Bimo juga mengkampanyekan gerakan Legal4UKM dan UKM Melek Hukum yang sekarang dikelola oleh BPL Foundation agar startup dan UKM melek hukum. Bimo dapat dihubungi: info@smartlegalnetwork.com

Comments are closed.